Rabu, 05 Desember 2012

jurnal III


Nama                   : Erni Wati
NPM                   : 11206157
Jurusan                : Manajemen
Judul                   : Analisis Antrian Pelayanan Pengambilan Obat Di Loket Obat Pada Puskesmas
Kecamatan Tambun Selatan
Penerbit              : Universitas Gunadarma 2009

Latar Belakang Masalah
Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang banyak, Indonesia memiliki berbagai permasalahan. Salah satunya adalah masalah antrian dalam sistem jasa pelayanan, baik pada lembaga pemerintah maupun lembagaswasta. Antrian timbul karena banyaknya individu yang membutuhkan jasa pelayanan pada waktu yang bersamaan, selain itu juga dapat disebabkan oleh terbatasnya sumber daya manusia dalam sistem jasa pelayanan. Sebagai akibatnya masyarakat/pelanggan harus menunggu beberapa waktu dalam satu waktu untuk menunggu giliran agar dapat mendapatkan pelayanan.

Bekasi yang merupakan salah satu kota di Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak, sering kita jumpai masalah-masalah antrian seperti antrian pembelian dalam membeli karcis kerata api di loket, antrian pada loket-loket pembayaran telepon, antrian mobil saat mengambil karcis tol, antrian para nasabah untuk menabung dibank, antrian pengambilan obat diloket obat seperti yang terjadi pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

Proses antrian menjadi salaj satu hal yang sangat penting, antrian yang lama dan panjang akan sangat membosankan dan merugikan masyarakat/ pelanggan baik dari segi waktu maupun dari segi biaya.

Untuk mengurangi tingkat ketugian yang timbul dari antrian, maka dapat diterapkan salah satu metode dari beberapa metode antrian yang ada. Dengan menerapkan metode antrian, pembelian jasa dapat memperpendek garis antrian yang timbul akibat dari fasilitas pelayanan yang kirang memadai.

Berdasarkann hasil uraian diatas telah mendorong penulis untuk mengambil judul tentang “ANALISIS ANTRIAN PELAYANAN PENGAMBILAN OBAT DI LOKET OBAT PADA PUSKESMAS KECAMATAN TAMBUN SELATAN”.

Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi perumusan masalah dari penulisan ilmiah ini :
1.       Bagaimana proses antrian pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan dengan menggunakan metode antrian Multi Chanel Single Phase pada hari kerja ?
2.       Berapa jumlah loket yang harus dioperasikan agar pelayanan optimal ?
Batasan Masalah
Pada bagian ini penulis membatasi masalah pada layanan loket antrian dalam penyarahan dan pengambilan obat oleh pasien.

Tujuan Penelitian
Yang menjadi tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1.       Untuk menganalisis antrian yang terjadi pada loket pengambilan obat di Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan.
2.       Untuk menentukan jumlah loket yang harus dioperasikan pada hari kerja.

Metodologi Penulisan
Objek Penulisan
Penelitian dilakukan pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan yang berlokasi di Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah pasien di loket pengambilan obat pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan.

Data/Variabel
Dalam penulisan ilmiah variabel yang diteliti adalah tingkat kedatangan rata-rata pasien (λ), waktu pelayanan rata-rata (1/μ), dan jumlah fasilitas pelayanan (S).

Metode Pengumpulan Data
Adapun metode penulisan yang digunakan :
1.       Observasi, peneliti mendatangi objek yang bersangkutan untuk mendapatkan data yang diperlukan.
2.       Wawancara, peneliti mengadakan tanya jawab dengan salah satu karyawan untuk mendapatkan data.

Alat Analisis yang Digunakan
Dalam perhitunagn antrian ini alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah analisis kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode Multi Chanel Single Phase, yaitu suatu metode yang biasa digunakan untuk dua atau lebih fasilitas pelayanan (server) yang dialiri aliran tunggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar