Nama : Erni Wati
NPM : 11206157
Jurusan :
Manajemen
Judul : Analisis
Antrian Pelayanan Pengambilan Obat Di Loket Obat Pada Puskesmas
Kecamatan Tambun Selatan
Penerbit : Universitas
Gunadarma 2009
Latar Belakang Masalah
Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang banyak, Indonesia
memiliki berbagai permasalahan. Salah satunya adalah masalah antrian dalam
sistem jasa pelayanan, baik pada lembaga pemerintah maupun lembagaswasta.
Antrian timbul karena banyaknya individu yang membutuhkan jasa pelayanan pada
waktu yang bersamaan, selain itu juga dapat disebabkan oleh terbatasnya sumber
daya manusia dalam sistem jasa pelayanan. Sebagai akibatnya
masyarakat/pelanggan harus menunggu beberapa waktu dalam satu waktu untuk
menunggu giliran agar dapat mendapatkan pelayanan.
Bekasi yang merupakan salah satu kota di Indonesia dengan jumlah penduduk
yang banyak, sering kita jumpai masalah-masalah antrian seperti antrian
pembelian dalam membeli karcis kerata api di loket, antrian pada loket-loket
pembayaran telepon, antrian mobil saat mengambil karcis tol, antrian para
nasabah untuk menabung dibank, antrian pengambilan obat diloket obat seperti
yang terjadi pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan, dan masih banyak lagi
contoh-contoh yang lain.
Proses antrian menjadi salaj satu hal yang sangat penting, antrian yang
lama dan panjang akan sangat membosankan dan merugikan masyarakat/ pelanggan
baik dari segi waktu maupun dari segi biaya.
Untuk mengurangi tingkat ketugian yang timbul dari antrian, maka dapat
diterapkan salah satu metode dari beberapa metode antrian yang ada. Dengan
menerapkan metode antrian, pembelian jasa dapat memperpendek garis antrian yang
timbul akibat dari fasilitas pelayanan yang kirang memadai.
Berdasarkann hasil uraian diatas telah mendorong penulis untuk mengambil
judul tentang “ANALISIS ANTRIAN
PELAYANAN PENGAMBILAN OBAT DI LOKET OBAT PADA PUSKESMAS KECAMATAN TAMBUN
SELATAN”.
Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi perumusan masalah dari penulisan ilmiah ini :
1.
Bagaimana
proses antrian pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan dengan menggunakan
metode antrian Multi Chanel Single Phase pada hari kerja ?
2.
Berapa
jumlah loket yang harus dioperasikan agar pelayanan optimal ?
Batasan Masalah
Pada bagian ini penulis membatasi masalah pada layanan loket antrian dalam
penyarahan dan pengambilan obat oleh pasien.
Tujuan Penelitian
Yang menjadi tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1.
Untuk
menganalisis antrian yang terjadi pada loket pengambilan obat di Puskesmas
Kecamatan Tambun Selatan.
2.
Untuk
menentukan jumlah loket yang harus dioperasikan pada hari kerja.
Metodologi Penulisan
Objek Penulisan
Penelitian dilakukan pada Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan yang berlokasi
di Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Dalam hal ini
yang menjadi objek penelitian adalah pasien di loket pengambilan obat pada
Puskesmas Kecamatan Tambun Selatan.
Data/Variabel
Dalam penulisan ilmiah variabel yang diteliti adalah tingkat kedatangan
rata-rata pasien (λ),
waktu pelayanan rata-rata (1/μ), dan jumlah fasilitas pelayanan (S).
Metode Pengumpulan Data
Adapun metode penulisan yang digunakan :
1.
Observasi,
peneliti mendatangi objek yang bersangkutan untuk mendapatkan data yang
diperlukan.
2.
Wawancara,
peneliti mengadakan tanya jawab dengan salah satu karyawan untuk mendapatkan
data.
Alat Analisis yang Digunakan
Dalam perhitunagn antrian ini alat analisis yang digunakan oleh penulis
adalah analisis kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode Multi Chanel Single
Phase, yaitu suatu metode yang biasa digunakan untuk dua atau lebih fasilitas
pelayanan (server) yang dialiri aliran tunggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar